..

Get Gifs at CodemySpace.com
Powered By Blogger

Sabtu, 26 November 2011









Download Cheat
 
 
 
 
 
Download Password



Credits :
* jazz D'NewCyber Teamz 
* Agoes

Thanks to :
* All Admin NewCyber
* My Suhu 

Fiture :
* Wallhack
* Replace 5 Weapon 
* dan masih banyak fitur lagi

NB :
*Please..dont kill pakai pisau replace. akan menyebabkan DC

Rabu, 23 November 2011

Full WH + Brutal + EXP


 FITURE
-FUUL WH
- SG Brutal
- Plan/Defuse 0 Dtk


Hotkey:
- WH D3D Menu
- SG Brutal = Auto On
- Plan/Defuse = F11

Cara pakai
- Buka Cheat
- Start PB
- Klik gambar setelah proses HS selesai

jika cheat error, download jamu pendukung cheat sesuai pesan error yang muncul saat menginject:
- D3DX9_42.dll (System32)
- D3DX9_43.dll (Folder PB)
- msvcr100.dll (Folder PB)
- msvcp100.dll (Folder PB)
- msvcr100d.dll (System32)
- msvcp100d.dll (System32)

Cara Download:
- klik download - klik hide frame - klik skip add

Selasa, 22 November 2011

New WH+Ammo+1HIT+Unlmtd HP+Anti VK



Fitur:
- Full WH
- Unlimited Ammo
- plan/defuse 0 Dtk
- ghost
- magnet
- aimbot datar
- speed hack
- anti vote kick (RM)
- unlimited HP (RM)
- 1 HIT (RM)


Hotkey:
- D3D Menu
- Unlimited hp (RM) = F1/F2
- 1HIT (RM) = F3/F4


Cara pakai
- Buka Cheat
- Start PB
- Tunggu sampai proses HS selesai
- Enjoy
Jangan Lupa Koment Yah..

NB: JIKA ERROR COPYKAN FILE D3DX9_43.dll, msvcr100.dll & msvcp100.dll KE FOLDER PB KAMU

ATM Exp & Gold Ninja Saga [Nov. 2011]

Akhir-akhir ini banyak ATM Exp & Gold yang di share kan ? tapi harus membutuhkan 2 tools, yaitu charles n fiddler. Kali ini saya akan share ATM Exp & Gold yang hanya menggunakan fiddler, yang di buat oleh HC. Kalian bisa mendapatkan Gold dan EXP jika menggunakan cheat ini. Untuk penggunaannya seperti menggunakan ATM Exp yang dulu atau kalian bisa melihat Video di atas. Cheat ini bisa di gunakan untuk level 1-80. Untuk yang tanya "ini aman/bakal di banned ?" = MAHO !!


Peralatan :
Caranya :
  1. Download dulu fiddler
  2. Kemudian Install Fiddler
  3. Baru jalankan Fiddler
  4. Klik Tab AutoResponder (yg icon-nya petir hijau)
  5. Centang kotak "Enable automatic responses" dan juga "Permit passthrough for unmatched request"
  6. Jatuhkan .SWF File yang kamu download tadi ke kolom AutoResponder
  7. Setelah itu bersihkan chace
  8. Masuk ke Ninja Saga
  9. Baru pilih karakter yang akan kamu mainkan
Cara Menghapus chace :
  • Untuk Mozilla Firefox : Tools -> Options -> Advanced -> Pilih Network Tab -> Clear Now -> Klik OK
  • Untuk Google Chrome : Pilih icon yang berada di pojok kanan atas (sebelah bintang) -> Options -> Under the Hood -> Clear Browsing Data -> Empty the cache -> Clear Browsing Data
Info Tambahan :
Kalian masuk ke Headquarters, lalu masukkan code : 63978DCB04
Lalu silahkan pilih cheat yang ingin kalian gunakan, ATM EXP/GOLD

Minggu, 20 November 2011

XxxXX.. CHEAT POINT BLANK Work 100%

Released : 20-Nov-2011
Creator : Jeffri
Note :
o LAST PUBLIC EPISODE >,<
o RPE Inject = BugTrap (sudah di atur)
o Tidak Support Untuk RPE dan Packet Editor Lainnya

Note Tambahan : Boleh C&P tapi jangan lupa nama pembuatnya !
Cara pemakaian : Buka Injector nanti keluar gambar waktu inject
Pencet Gambarnya
setelah itu password >>  TSEBEHTSIORETNAES      ( behind the writing are listed )

Itu di atas hnya DLL nya saja
Bagi Yang butuh Injector Bisa pakai ini : Click here
sorry skrang saya gak buat injector lagi
 
1. Buka PB Launcher (Yang berwarna biru)
2. Extrak Geps 1.3
3. Buka Injector Geps 1.3
4. START PB (Akan tersuspend Otomatis oleh Geps)
5. Klik Select DLL For Inject – Pilih file “AndrieAndKress.dll”
6. Lalu tekan Inject Now
7. Ntar akan keluar tulisan
8. Klik ok saja / tekan Enter
9. Resume



NB: Ane dah coba , 2 jam work........
        Pemakaian jgn terlalu berlebihan.................









SEDOT SINI GAN >>>> Download

Mempercepat Koneksi Internet dengan Software

Fitur :
- Optimizes all internet connection types
- User friendly
- Quick Optimizer option
- Advanced Customization
- Tool and Wizards
- Load/Save Settings
- Optimization Report
- Connection Analyzer


Keuntungan dari Software ini :
1. FASTER internet connection
2. Browse FASTER
3. Send and receive e-mail FASTER
4. Download and upload files FASTER
5. Play online games FASTER
6. Improve Skype connection
7. NO adware, NO hardware installation
8. NO service subscription, NO monthly fees
9. NO new hardware installation

 Wahh,, lama ni ane ga Posting di blognya hacker.
Hmm......Pernah merasakan internet lambat alias lolot gan...?? hal yang paling membosankan pastinya kalo mesti nunggu loading lama ya gan, selain membosankan, tanpa kita sadari waktu kita juga banyak terbuang untuk menunggu. Kali ini ane menyempatkan waktu di sela kesibukan menyusun Laporan PKL ane di STMIK Banjarbaru sekalian mengisi waktu luang untuk sekedar pengen share aja soal software yang bisa buat Koneksi menjadi lebih cepat, dan ane memang memakai ini untuk ngnet, yaitu dengan menggunakan Software SpeedConnect Internet Accelerator 8.0.
Nah lalu apa itu SpeedConnect Internet Accelerator 8.0..??
SpeedConnect Internet Accelerator 8.0 adalah merupakan salah satu aplikasi berbasis windows yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kecepatan internet agan. Ingat gan, SpeedConnect Internet Accelerator 8.0 ini sifatnya hanya membantu meningkatkan saja, yang paling penting ialah provider internet yang agan gunakan.
Cara Pakai :
  1. DOWNLOAD
  2. Install SpeedConnect80Setup-trial.exe
  3. Extrack SCIA 8 Crack.rar
  4. Copy dan paste 2 file crack (SpeedConnect Internet Accelerator.exe dan SpeedConnectStartUp.exe) ke directory SpeedConnect80 (Pada Programfiles)
  5. Selesai (SpeedConnect Internet Accelerator agan sudah menjadi full version)
PENTING!
Jika instalasi SpeedConnect Tidak Bekerja/Failed
Anda Harus install Minimal Microsoft .NET Framework 2.0!
Tapi sekarang rata-rata Win XP udah memakai  Microsoft .NET Framework 3.0
                                                  Insya Allah work di Komputer agan.

Sabtu, 19 November 2011

UUD 1945

PEMBUKAAN
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan
inikemerdekaannya.
Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi
segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````


BAB I
BENTUK DAN KEDAULATAN
Pasal 1
(1) Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk Republik.
(2) Kedaulatan adalah di tangan rakyat, dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis
Permusyawaratan Rakyat.
BAB II
MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT
Pasal 2
(1) Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri atas anggota-anggota Dewan Perwakilan Rakyat,
ditambah dengan utusan-utusan dari daerah-daerah dan golongan-golongan, menurut aturan
yang ditetapkan dengan undang-undang.
(2) Majelis Permusyawaratan Rakyat bersidang sedikitnya sekali dalam lima tahun di ibukota
negara.
(3) Segala putusan Majelis Permusyawaratan Rakyat ditetapkan dengan suara yang terbanyak.
Pasal 3
Majelis Permusyawaratan Rakyat menetapkan Undang-Undang Dasar dan garis-garis besar dari
ada haluan negara.
BAB III
KEKUASAAN PEMERINTAH NEGARA
Pasal 4(1) Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang
Dasar.
(2) Dalam melakukan kewajibannya Presiden dibantu oleh satu orang Wakil Presiden.
Pasal 5
(1) Presiden memegang kekuasaan membentuk undang- undang dengan persetujuan Dewan
Perwakilan Rakyat.
(2) Presiden menetapkan peraturan pemerintah untuk menjalankan undang-undang sebagaimana
mestinya.
Pasal 6(1) Presiden ialah orang Indonesia asli.
(2) Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan suara
yang terbanyak.
Pasal 7Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dan sesudahnya dapat
dipilih kembali.
Pasal 8
Jika Presiden mangkat, berhenti, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya,
ia diganti oleh Wakil Presiden sampai habis waktunya.
Pasal 9
Sebelum memangku jabatannya, Presiden dan Wakil Presiden bersumpah menurut agama, atau berjanji dengan sungguh-sungguh di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat atau Dewan Perwakilan Rakyat sebagai berikut:
Sumpah Presiden (Wakil Presiden):
"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.
"Janji Presiden (WakilPresiden):
"Sayaberjanji dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan seluruslurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa."

Pasal 10
Presiden memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.
Pasal 11
Presiden dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain.
Pasal 12
Presiden menyatakan keadaan bahaya. Syarat-syarat dan akibatnya keadaan bahaya ditetapkan
dengan undang-undang.
Pasal 13(1) Presiden mengangkat duta dan konsul.
(2) Presiden menerima duta negara lain.
Pasal 14
Presiden memberi grasi, amnesti, abolisi, dan rehabilitasi.
Pasal 15
Presiden memberi gelaran, tanda jasa ,dan lain-lain tanda kehormatan.
BAB IV
DEWAN PERTIMBANGAN AGUNG
Pasal 16
(1) Susunan Dewan Pertimbangan Agung ditetapkan dengan undang-undang.
(2) Dewan ini berkewajiban memberi jawab atas pertanyaan Presiden dan berhak memajukan usul kepada pemerintah.
BAB V
KEMENTERIAN NEGARA
Pasal 17
(1) Presiden dibantu oleh menteri-menteri negara.
(2) Menteri-menteri itu diangkat dan diperhentikan oleh Presiden.
(3) Menteri-menteri itu memimpin departemen pemerintahan.
BAB VI
PEMERINTAHAN DAERAH
Pasal 18
Pembagian daerah Indonesia atas daerah besar dan kecil, dengan bentuk susunan pemerintahannya ditetapkan dengan undang-undang, dengan memandang dan mengingati dasar permusyawaratan
dalam sistem pemerintahan negara, dan hak-hak asal-usul dalam daerah-daerah yang bersifat istimewa.

BAB VII
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT

Pasal 19
(1) Susunan Dewan Perwakilan Rakyat ditetapkan dengan undang-undang.
(2) Dewan Perwakilan Rakyat bersidang sedikitnya sekali dalam setahun.
Pasal 20(1) Tiap-tiap undang-undang menghendaki persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.
(2) Jika sesuatu rancangan undang-undang tidak mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat, maka rancangan tadi tidak boleh dimajukan lagi dalam persidangan Dewan Perwakilan Rakyat masa itu.
Pasal 21
(1) Anggota-anggota Dewan Perwakilan Rakyat berhak memajukan rancangan undang-undang.
(2) Jika rancangan itu, meskipun disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat, tidak disyahkan oleh Presiden, maka rancangan tadi tidak boleh dimajukan lagi dalam persidangan Dewan Perwakilan Rakyat masa itu.
Pasal 22
(1) Dalam hal ihwal kegentingan yang memaksa, Presiden berhak menetapkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang.
(2) Peraturan pemerintah itu harus mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat dalam persidangan yang berikut.
(3) Jika tidak mendapat persetujuan, maka peraturan pemerintah itu harus dicabut.
BAB VIII
HAL KEUANGAN
Pasal 23
(1) Anggaran pendapatan dan belanja ditetapkan tiap-tiap tahun dengan undang-undang. Apabila Dewan Perwakilan Rakyat tidak menyetujui anggaran yang diusulkan pemerintah, maka pemerintah menjalankan anggaran tahun yang lalu.
(2) Segala pajak untuk keperluan negara berdasarkan undang-undang.
(3) Macam dan harga mata uang ditetapkan dengan undang-undang.
(4) Hal keuangan negara selanjutnya diatur dengan undang-undang.
(5) Untuk memeriksa tanggung jawab tentang keuangan negara diadakan suatu Badan Pemeriksa Keuangan, yang peraturannya ditetapkan dengan undang-undang. Hasil pemeriksaan itu diberitahukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat.
BAB IX
KEKUASAAN KEHAKIMAN
Pasal 24(1) Kekuasaan Kehakiman dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan lain-lain badan kehakiman menurut undang-undang.
(2) Susunan dan kekuasaan badan kehakiman itu diatur dengan undang-undang.
Pasal 25
Syarat-syarat untuk menjadi dan diperhentikan sebagai hakim ditetapkan dengan undang-undang.
BAB X
WARGA NEGARA
Pasal 26
(1) Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.
(2) Syarat-syarat yang mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang-undang.
Pasal 27
(1) Segala warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
(2) Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
Pasal 28
Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.
BABXI
AGAMA
Pasal 29
(1) Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa.
(2) Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masingmasing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
BAB XII
PERTAHANAN NEGARA
Pasal 30
(1) Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.
(2) Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.
BAB XIII
PENDIDIKAN
Pasal 31
(1) Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran.
(2) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.
Pasal 32
Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia.
BAB XIV
KESEJAHTERAAN SOSIAL
Pasal 33
(1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
(2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
(3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
Pasal 34
Fakir miskin dan anak-anakyang terlantar dipelihara oleh negara.
BAB XV
BENDERA DAN BAHASA
Pasal 35Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih.
Pasal 36
Bahasa negara ialah Bahasa Indonesia.
BAB XVI
PERUBAHAN UNDANG-UNDANG DASAR
Pasal 37
(1) Untuk mengubah Undang-Undang Dasar sekurang-kurangnya 2/3 dari pada jumlah anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat harus hadir.
(2) Putusan diambil dengan persetujuan sekurang-kurangnya 2/3 dari pada jumlah anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat yang hadir.
ATURAN PERALIHAN
Pasal 1
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mengatur dan menyelenggarakan kepindahan pemerintahan kepada Pemerintah Indonesia .
Pasal II
Segala badan negara dan peraturan yang ada masih langsung berlaku, selama belum diadakan yang baru menurut Undang-Undang Dasar ini.
Pasal III
Untuk pertama kali Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
Pasal IV
Sebelum Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, dan Dewan Pertimbangan Agung dibentuk menurut Undang-Undang Dasar ini, segala kekuasaannya dijalankan oleh Presiden dengan bantuan sebuah komite nasional.
ATURAN PERTAMBAHAN(1) Dalam enam bulan sesudah akhirnya peperangan Asia Timur Raya, Presiden Indonesia mengatur dan menyelenggarakan segala hal yang ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar ini.
(2) Dalam enam bulan sesudah Majelis Permusyawaratan Rakyat dibentuk, Majelis itu bersidang untuk menetapkan Undang-Undang Dasar.

Jumat, 18 November 2011

PEMBACA KARTU LAWAN For Zynga Poker 2.1

PEMBACA KARTU LAWAN For Zynga Poker 2.1
=======================================
PEMBACA KARTU LAWAN DI TABLE Untuk Zynga Poker adalah sebuah program untuk bermain Zynga Poker secara otomatis. Didalam program ini telah ada berbagai mesin dan AI (Kecerdasan buatan) untuk menyederhanakan dan mendapatkan kemenangan hingga 100% (asumsi bila menggunakan mode God Of Gambler).

Software ini mempunyai 4 engine bot dengan kemampuan yang berbeda. Normal, Professional, High Defense, dan God Of Gambler mode. Baca petunjuk detilnya pada software atau klik saja tombol help.

Bagi yang menyukai game Zynga Poker, silahkan di download filenya (sudah termasuk video tutorial didalamnya) dibawah ini:

LINK DOWNLOAD:
VERSI 2.1

http://www.mediafire.com/?m437wj8orkw4p34

Download kemudian ubah img6.jpg menjadi LibertySetup.rar. Buka dengan menggunakan winrar.

Apabila Anda kesulitan mengartikan petunjuk penggunaannya yang masih berbahasa inggris, Anda bisa menggunakan Google Translate untuk menterjemahkannya. Dan meski program ini masih Trial Version, namun jangan khawatir, serial number program ini juga telah disertakan didalam file. Tinggal masukkan dan Anda akan memperoleh versi full version.

selamat bermain dan mencoba.

Kamis, 17 November 2011

Cara Buat SWF Ninja Saga

Dengan bisa mengedit swf,agan2 akan bisa membuat cheat sendiri.bagi yang masih belum bisa mengedit "new_shop.swf" atau yang lainnya,bisa mengedit kostum,weapon,gold,token,emblem,misi instan,HP,TP,dll 
software/tools yag diperlukan bisa didapat dengan mendownload atau membeli software nya di toko khusus penjual software.

Peralatan :

1.  Sothink swf decompiler
2.  Macromedia Flash 8 Pro
3.  Macromedia Flash Cs3
4.  Interner Download manager (IDM)




Caranya :

Steps 1 :
1. Buka Fiddler
2. Play ke Ninja Saga
3. lihat salah satu addres Ninja Saga yg ada di fiddler untuk kamu edit > klik kanan addres > Copy > Just URL
4. buka Internet download manager, trus pastekan addres yg baru kamu copy tadi ke IDM

Steps 2 :
1. Buka Convert swf to fla using Sothink swf decompiler, trus jangan lupa kalian untuk menconvert file swf yg kalian dowload tadi ke Sothink swf decompiler ( apa bila kalian menconvertnya pastikan bahwa nama file-yang kalian convert tidak ada menggunakan simbol "~" )
2. kalau sudah selesai menconvert filenya sekarang kalian buka Macromedia Flash 8 Pro untuk mengedit Hp, damage, mission.dll lalu save
3. Buka Macromedia Flash Cs3 untuk memPublish file fla ke swf dengan cara : klik File - Publish Setting trus klik Publish. Selesai degh langkah - langkahnya.

Coba kalian uji / tes gunakan file yang kalian edit barusan tadi berjalan apa tidak??
klo brjalan berarti agan2 sudah bisa membuat SWF buatan agan sendiri dan siap di post di chibi (buat banyakin cendol gan) Sekian dulu dari saya Insya Allah saya akan membagi ilmu cara membuat SWF buat game2 facebook lainnya..

Jadi kalian harus menghargai editan cheat para cheater yang ada di bumi ini karena membikin cheat itu sangatlah susah dan jika kalian udah menjadi cheater jangan lupa terus kunjungi blog ELEGANT CHEATER'Z dan jangan lupa commentarnya ya !!! ^_^...

SELAMAT MENCOBA

Minggu, 13 November 2011

Halo Lyric

Remember those walls I built
Well, baby they're tumbling down
And they didn't even put up a fight
They didn't even make up a sound

I found a way to let you in
But I never really had a doubt
Standing in the light of your halo
I got my angel now

It's like I've been awakened
Every rule I had you breakin'
It's the risk that I'm takin'
I ain't never gonna shut you out

Everywhere I'm looking now
I'm surrounded by your embrace
Baby I can see your halo
You know you're my saving grace

You're everything I need and more
It's written all over your face
Baby I can feel your halo
Pray it won't fade away

I can feel your halo halo halo
I can see your halo halo halo
I can feel your halo halo halo
I can see your halo halo halo

Hit me like a ray of sun
Burning through my darkest night
You're the only one that I want
Think I'm addicted to your light

I swore I'd never fall again
But this don't even feel like falling
Gravity can't forget
To pull me back to the ground again

Feels like I've been awakened
Every rule I had you breakin'
[ From: http://www.elyrics.net/read/b/beyonce-lyrics/halo-lyrics.html ]
The risk that I'm takin'
I'm never gonna shut you out

Everywhere I'm looking now
I'm surrounded by your embrace
Baby I can see your halo
You know you're my saving grace

You're everything I need and more
It's written all over your face
Baby I can feel your halo
Pray it won't fade away

I can feel your halo halo halo
I can see your halo halo halo
I can feel your halo halo halo
I can see your halo halo halo

I can feel your halo halo halo
I can see your halo halo halo
I can feel your halo halo halo
I can see your halo halo halo
Halo, halo

Everywhere I'm looking now
I'm surrounded by your embrace
Baby I can see your halo
You know you're my saving grace

You're everything I need and more
It's written all over your face
Baby I can feel your halo
Pray it won't fade away

I can feel your halo halo halo
I can see your halo halo halo
I can feel your halo halo halo
I can see your halo halo halo

I can feel your halo halo halo
I can see your halo halo halo
I can feel your halo halo halo
I can see your halo halo halo

Sabtu, 12 November 2011

 
 
 

CARA MENGGUNAKAn :
-exctract file yang udah di download tadi

- masukan id point blank kamu
- kilik send now
- tunggu kira-kira 2 menit
-
credit by : g-monster
tapi hanya : 1000 cash kalo mau
lebih beli cash sendiri


pertama harus hide kamu
punya proxy klik yang gambar mata:
masukan id PB selanjutnya klik SEND
Seketat-ketatnya suatu sistem keamanan,
masih belum bisa dikatakan  sempurna 100%,
 masih ada celah-celah yang
bisa kita masuki , tinggal bagaimana kita
mencari celah itu, semua
menggunakan otak & kemampuan kita masing2.
ini rilis versi yang terakhir

Cara Membuat Cheat Point Blank [Injector+File dll+Video]

tutorial berikut termasuk :
- searching pointer
- searching offset
- build/compile "dll"
- dan lain sebagainya ^_^

berikut fitur yang terdapat dalam saptabase adalah :
- hack name
- hack rank/grade
- hack point
- hack cash
- hack character
- hack title
- hack room
- hack room mode
- hack spion mode
- hack card mosion
- auto minimize
- bomberman
-tambahkan kreasi mu


oke langsung saja kita mulai

* yang harus disiapkan *
- cheat engine 5.6.1
- dev c ++
- calculator hex (bisa menggunakan calculator windows)
- saptabase (sc)
- dan lain sebagai nya ^_^

silahkan download saptabase nya disini :
sapta_agung base


DOWNLOAD VIDEO

DOWNLOAD
mediafire.com 4krwv7ejp2u4r4d

Kalo Mau SOFTWARE dll Nya
1. Dev C++ [Link Download]

2. RCD Base 2.0 [Link Download]
3. Calculator Hex [Link Download]

4. SaptaBASE [Link Download]
Tambahan:
Kalo Tau Cara Membuat Injector Klik Di Bawah Ini

Kalo Mau Download SOFTWARE Visual Basic Di Bawah ini
VB6 Full VerSion
Untuk Menghargai Posting Saya
OK
 Yaitu Dengan FOLLOW Blog Me

Jumat, 11 November 2011

Update PB_HACK v.11.6 Special FullHack Revisi PB_HACK v.11.5

Fiture & Hotkey :
www.mediafire.com/?ax3q974e7dmujmk

[-]Ammo : F1
[-]Magnet : F7 | F8
[-]Ghost : F9 | F10
[-]Demage All Weapon : Numpad 1 | Numpad 2
[-]K400 Unlimited : Numpad 8 | Numpad 9
[-]Pasang : Numpad 3 | Numpad 4
[-]Defuse : Numpad 5 | Numpad 6
[-]Aimbot : F4 | F5
[-]PRoses Exit : F12


Support Windows :
[-]Windows Xp 2
[-]Windows 7



NB :
[-]No Rename DLL
[-]No ResHacker DLL

 

Kamis, 10 November 2011

PASSWORD FACEBOOK HACK

Woh ini aplikasi yang paling keren bisa merekam semua yang diketikkan dikeyboard....yang komputernya terpasang aplikasi ini..termasuk PASSWORD FACEBOOK .

download www.ziddu.com/download/8954335/KeyloggerDouglas.zip.html

Caranya gampang cuman instal aja diwarnet-warnet entar cek dech pasti kebanjiran akun facebook loe..... tapi kalau warnetnya menggunakan defreez ...agak sulit sich soalnya misalnya komputer yang kita pasang keylogger tadi akan gak ada lagi..!! Tapi jangan khawatir soalnya kebanyakan warnet setiap pelanggannya berhenti maen gak langsung di shuttdown cuman dihalangin dektop billing doank..jadi cara beraksinya...

1. Datang Kewarnet dulu dunk !
2. Instal aplikasi keyloggernya dan jangan lupa kalau di instal jangan lupa dihiden iconnya yang ada ditaskbaar.
3. Trus kita udahin ngenet..pulang dah kerumah..*tidur dulu
4. Tunggu ampe beberapa jam lah...trus datang lagi kewarnet yang kamu pasang keylogger tadi.. trus cek dech pasti terkejut dah ....akan kebanjiran password.

Oke ...tertarik silahkan download

Nah cara instalnya biasa ajah....
Pilih yang trial ajah..

kalau udah liat dipojok taskbar akan muncul icon keylogger dan klik ajah disitu entar akan muncul paswoordnya...

NB:Jangan lupa di hiden caranya klik kanan trus pilih hide..

Tips: 8 Cara Melindungi Komputer Dari Serangan Luar

Satu hal yang paling penting untuk dipahami adalah bahwa 99% dari semua serangan sekarang berasal dari Web. Ketika Anda memulai browsing, serangan itu dimulai dari tempat yang dianggap aman oleh pengguna yaitu “inside_ firewall” sehingga menciptakan ruang yang terpercaya dan jika si korban mengunjungi situs-situs tertentu maka kode serangan yang telah tertanam di firewall tersebut akan beraksi dengan mengeksekusi kode attack langsung di komputer.
Jadi apa yang kita butuhkan di komputer kita untuk melindungi data kita? Thompson juga mengatakan bahwa cara terbaik untuk mengatur keamanan komputer adalah dengan melalui lapisan keamanan, sehingga jika satu bidang perlindungan hanya efektif 75 persen maka lapisan berikutnya akan menutup semua lubang.
Lapisan keamanan tersebut harus mencakup sebagai berikut:

  1. Firewall. Firewall melindungi komputer dari penyusup luar, Menurut Microsoft ada beberapa pilihan untuk firewall seperti perangkat lunak dan wireless router firewall.
  2. Scanner. Seperti antivirus, antimalware dan antispywaresoftware. Ini melindungi komputer dari virus, Trojan, worm, rootkit dan serangan sejenisnya, untuk yang satu ini program-program tersebut biasanya telah dibundel menjadi satu.
  3. Aplikasi Web: pemindai tes web server untuk file berbahaya dan masalah lain.
  4. Sebuah lapisan pemantauan. Menurut Thompson, ini merupakan sebuah pemantau untuk memonitor perilaku berbahaya. Sebagai contoh, sebuah program baru yang menginstal sendiri sehingga bertahan reboot dan pemantauan keystrokes sangat sensitif dengan perilaku monitor.
  5. Versi terbaru dari browser favorit Anda. lakukan update pada browser anda karena selalu terdapat bugs yang terus diperbaiki pada generasi terbarunya.
  6. Pembatasan berbasis jaringan dan pengguna perangkat lunak manajemen. Dengan asumsi apabila Satu komputer terinfeksi maka dapat merusak seluruh jaringan.
  7. Software Enkripsi Data. Menjaga data kita aman dengan enkripsi.
  8. System cadangan Online. Bisa memberi akses ke data kita apabila terjadi kasus pencurian atau malfungsi komputer.

Nonton TV Streaming Dengan Direct Satellite PC v2.0.5.0 Final Full ( 3000 Channel )



Permintaan si Eric nih, nonton TV luar yang ga ada sensornya katanya. Emang suka banget dia ma yang tanpa sensor. Direct Satellite PC adalah software TV streaming, sobat bisa nonton siaran TV luar dengan skali klik aja. Yang penting udah di install Direct Satellite PC nya. Ada sekitar 3000an Chanel didalamnya. Syaratnya koneksi internet harus kuat ya, kalo yang koneksinya lemoy ya ga usah ikutan nonton TV streaming, cuma bikin keki doank deh. Langsung aja yah....yang mo download, udah males mo nulis panjang-panjang nih.




Cara installnya, pada saat file installer di klik akan muncul jendela online, tapi pada saat install ga online juga ga pa-pa sih. Nah yang di klik yang dibawah ya, yang ada tulisan "Direct Satellite PC 2.0.5.0 Final Full Install". Liat gambar dibawah nih : 


Nah kalo udah selesai keluarin lewat task manager ya. Masalahnya gw juga bingung ga da tombol untuk close nya. Jadi solusinya klik ctrl+alt+delete, pilih task manager dan pada saat jendela task manager terbuka klik tab applications, sorot "Direct Satellite PC 2.0.5.0 Final Full Install" trus klik end task. 



Selamat menikmati siaran TV luar deh. Yang penting ngerti bahasa asing aja, terutama bahasa inggris. Karna disitu ga kan pernah ada teks bahasa indonesianya.


Nih Screen Shot Miami TV : 

Cheat Hack Empires And Allies

Update PB_HACK v.11.3 Special FullHack (Bukan D3D)

Fiture & Hotkey :
http://www.mediafire.com/?lsp0k5mde9toj94

[-]Ammo  :  F11
[-]Magnet  :  F1 | F2
[-]Ghost  :  F3 | F4
[-]Aimbot  :  HOME | END
[-]No Respawn  :  Numpad 8 | NO OFF
[-]Invicible TIme  :  Numpad 5 | NO OFF
[-]Demage All Wepon 75%  :  F9 | F10
[-]Proses Exit  :  F12


NB :
[-]No Rename DLL
[-]No ResHacker DLL


Credit by :
[-]Hady_SC™





WORK ALL WINDOWS !!!

Halo Lyrics - Beyonce @ eLyrics.net

Halo Lyrics - Beyonce @ eLyrics.net

Rabu, 09 November 2011

Sel Volta

KATA PENGANTAR Puji Syukur kami panjatkan kepada Allah SWT. Karena atas rahmat-Nya Tugas KIMIA ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada guru pembimbing kami, Ibu Yuniarti yang telah membantu menyelesaikan tugas kimia ini dengan memberikan materi – materi yang dibutuhkan. Tentu saja penyusunan Makalah KIMIA ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari semua pihak demi kesempurnaan makalah KIMIA ini. Mudah – mudahan Makalah ini bermanfaat dan mohon maaf bila terjadi kesalahan dalam penulisan. Semoga Makalah ini dapat membantu siswa – siswi dalam proses belajar mengajar. Trenggalek, 06 November 2009 PenyusunSEL VOLTA A. PENDAHULUAN Pada sel volta, reaksi kimia bersifat spontan dan menghasilkan arus listrik. Katode merupakan kutub positif dan anode merupakan kutub negatif. Contoh: penggunaan baterai dan aki. Penemuan bahwa reaksi kimia dapat menghasilkan energi listrik oleh Alessandro Volta (1745-1827) berdasarkan eksperimen Luigi Galvani (1737-1798). Rangkaian alat yang menghasilkan arus listrik dari reaksi kimia selanjutnya disebut sel Volta. Reaksi kimia tersebut hanya terjadi pada reaksi redoks yang berlangsung spontan. Sel Volta mempunyai elektrode logam yang dicelupkan ke dalam larutan garamnya. Suatu reaksi dapat berlangsung jika ada perbedaan potensial positif antara kedua setengah reaksi reduksi dan oksidasi. Reaksi redoks dapat berjalan spontan jika E0 sel > 0 (+) B. PEMBAHASAN a. Sel Volta Sel volta (sel galvani) adalah Sel elektrokimia di mana reaksi oksidasi-reduksi spontan terjadi dan menghasilkan beda potensial. Sel Volta mengubah energi dari suatu reaksi redoks spontan menjadi energi listrik. Sel Volta (sel Galvani) dikembangkan oleh Alessandro Volta (1745-1827) dan Luigi Galvani (1737-1798). Sel Volta disebut juga Sel elektrokimia. b. Kegunaan Berdasarkan kegunaannya, sel Volta dibedakan atas dua macam sebagai berikut : a. Sel Volta untuk penentuan pH larutan, energi reaksi, titrasi, kelarutan garam dan sebagainya. b. Sel Volta untuk menghasilkan tenaga listrik, misalnya untuk penerangan, penggerak motor, radio transistor, dan kalkulator.c. Prinsip Kerja Reaksi Logam seng dalam larutan mengandung ion Zn2+ (larutan garam seng) dan logam tembaga dalam larutan ion Cu2+ (larutan garam tembaga (II)). Logam seng larut dengan melepas dua elektron. Elektron mengalir ke logam tembaga melalui kawat penghantar dan ion Cu2+ mengambil elektron dari logam tembaga dan mengendap. Persamaan reaksi redoksnya sebagai berikut: Oksidasi : Reduksi : Dengan demikian, rangkaian tersebut dapat menghasilkan aliran elektron (listrik). Untuk menetralkan muatan listrik pada kedua larutan dihubungkan dengan suatu jembatan garam, yaitu larutan garam dalam agar-agar (seperti NaCl atau KNO3). Ion-ion negatif dari jembatan garam bergerak untuk menetralkan kelebihan ion Zn2+ , sedangkan ion-ion positif bergerak untuk menetralka kelebihan ion SO4 2- . Logam seng dan tembaga yang menjadi kutub-kutub listrik pada rangkaian sel elektrokimia di sebut electrode. Sedangkan logam seng (Zn) sendiri merupakan elektrode tempat terjadinya reaksi oksidasi atau pelepasan dan merupakan kutub negatif (anode). Logam tembaga (Cu) merupakan elektrode tempat terjadinya reaksi reduksi atau pengikatan elektron dan merupakan kutub positif (katode). Susunan sel Volta dapat dituliskan dengan suatu notasi singkat (diagram sel) sebagai berikut: Notasi tersebut menyatakan bahwa oksidasi Zn menjadi Zn2+ terjadi pada anode, sedangkan reduksi ion Cu2+ menjadi Cu di katode. Dua garis sejajar yang memisahkan anode dan katode menyatakan jembatan garam, sedangkan garis tunggal menyatakan batas antar fase (Zn padatan, sedangkan Zn2+ dalam larutan; Cu2+ dalam larutan, sedangkan Cu padatan) Zn(s) Zn2+ (aq) + 2e- Cu2+ (aq) + 2e- Cu(s) Zn(s) Zn2+ (aq) + 2e- Cu2+ (aq) + 2e- Cu(s) Zn(s) + Cu2+ (aq) Zn2+ (aq) + Cu(s) Anode | larutan (ion) || larutan (ion) | katode Zn | Zn2+ || Cu2+ | Cud. Potensial Sel Potensial sel merupakan selisih potensial listrik antara elektrode yang mendorong elektron mengalir yang disebabkan perbedaan rapatan muatan antara elektrode-elektrode. Potensial sel yang diukur pada 250 C dengan konsentrasi ion-ion 1 M dan tekanan gas 1 atm disebut potensial standar (E0 sel). Potensial sel Volta dapat ditentukan melalui percobaan dengan voltmeter atau potensiometer dan juga dapat dihitung berdasarkan data potensial elektrode positif (katode) dan potensial elektrode negatif (anode). E0 sel = E0 reduksi(katode) – E0 oksidasi (anode) e. Potensial Elektrode Potensial elektrode adalah potensial sel yang dihasilkan oleh suatu elektrode dengan elektrode hidrogen. Pengukuran potensial sel dapat digunakan untuk membandingkan kecenderungan logam-logam atau spesi lain untuk mengalami oksidasi atau reduksi. Apabila pengukuran dilakukan pada kondisi standar (suhu 250 C, 1 M, tekanan gas 1 atm) disebut potensial elektrode standar (E0 ). Urutan logam-logam berdasarkan sifat reduktornya dikenal sebagai deret Volta. Dari deret volta di atas, unsur-unsur dari kiri ke kanan memiliki harga potensial reduksi (potensial elektrode) yang makin besar. Elektrode yang lebih mudah mengalami reduksi dibandingkan elektrode hidrogen mempunyai potensial elektrode bertanda (+), sedangkan elektrode yang sukar mengalami reduksi bertanda negatif (-). Potensial elektrode dikaitkan dengan reaksi reduksi, dimana potensial elektrode sama dengan potensial reduksi. Adapun potensial oksidasi sama nilainya dengan potensial reduksi, tetapi tandanya berlawanan. Potensial elektrode Zn | Zn2+ = -0,76 volt, berarti potensial reduksi ion Zn2+ menjadi logam Zn = -0,76 volt. Sedangkan potensial oksidasi Zn menjadi Zn2+ = +0,76 volt. Suatu reaksi dapat berlangsung jika ada perbedaan potensial positif antara kedua setengah reaksi reduksi dan oksidasi. Reaksi redoks dapat berjalan spontan jika E0 sel > 0 (+) Jika anda ingin membuat baterai bervoltase tinggi untuk radiomu, anda harus memilih logam yang berjauhan dalam tabel tersebut. Uang logam tembaga dengan paku besi menghasilkan voltase lebih tinggi daripada uang logam dengan nikel karena tembaga lebih jauh dari besi dari pada nikel. Meskipun istilah baterai biasanya mengacu pada sel-sel galvani yang dihubungkan bersama, beberapa baterai hanya mempunyai satu sel. Baterai lain mungkin mempunyai selusin atau lebih. Ketika anda menggunakan baterai untuk menyalakan senter, radio atau CD-player, anda melengkapi rangkaian listrik sel galvani tersebut. Untuk mendapatkan voltase lebih tinggi dari sel dengan beda potensial yang relatif kecil dapat dilakukan dengan menghubungkan sel-sel secara seri. U – K – Ba – Ca – Na – Mg – Al – Mn – (H2O) – Zn – Cr – Fe – Cd – Ni – Co – Sn – Pb – (H) – Cu – Hg – Ag – Pt - Au Zn(s) Zn2+ (aq) + 2e- E = -0,76 volt Zn2+ (aq) + 2e- Zn(s) E = +0,76 voltf. Sel Volta Komersial 1. Baterai Konvensional 1.1 Aki Aki merupakan contoh dari sel volta yang dapat diisi kembali jika habis. Satu sel aki terdiri dari batang Pb dan batang PbO2 yang dicelupkan dalam larutan asam sulfat 30 %. Setelah seluruh permukaan anoda dan katoda terlapis dengan PbSO4 tidak lagi terjadi beda tegangan, maka arus listrik terhenti. Aki adalah baterai timbal-asam yang sering digunakan pada mobil. Baterai ini memiliki enam sel 2 volt yang dihubungkan seri. Meskipun lebih besar daripada baterai karbon-seng dan relatif berat, baterai jenis ini tahan lama, menghasilkan arus yang lebih besar, dan dapat diisi ulang. Ketika anda menyalakan mesin, baterai ini yang menyediakan listrik untuk menyalakan mobil. Baterai ini juga menyediakan energi untuk kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi oleh alternator mobil, seperti menghidupkan radio atau menyalakan lampu jika mesin mati. Menghidupkan lampu atau radio terlalu lama pada saat mesin mati akan menghabiskan baterai karena mesinlah yang mengisi ulang baterai pada saat mobil berjalan. 1.2 Baterai Kering (Sel Leclanche) Kalau anda memasukkan dua atau lebih baterai dalam senter, artinya anda menghubungkannya secara seri. Baterai harus diletakkan secara benar sehingga memungkinkan elektron mengalir melalui kedua sel. Baterai yang relatif murah ini adalah sel galvani karbon-seng, dan terdapat beberapa jenis, termasuk standard dan alkaline. Jenis ini sering juga disebut sel kering karena tidak terdapat larutan elektrolit, yang menggantikannya adalah pasta semi padat. Baterai ini menggunakan Zn sebagai anoda dan C (grafit) yang ditanam dalam pasta dari campuran KMnO4 , NH4Cl, C, dan H2O sebagai katoda. Baterai kering ditemukan oleh Leclanche yang mendapat hak paten atas penemuan itu pada tahun 1866.1.3 Baterai Alkalin Baterai alkalin hampir sama dengan bateri karbon-seng. Anoda dan katodanya sama dengan baterai karbon-seng, seng sebagai anoda dan MnO2 sebagai katoda. Perbedaannya terletak pada jenis elektrolit yang digunakan. Elektrolit pada baterai alkalin adalah KOH atau NaOH. Sehingga reaksinya berlangsung dalam suasana basa. Reaksi yang terjadi adalah: Potensial sel yang dihasilkan baterai alkali 1,54 volt. Arus dan tegangan pada baterai alkali lebih stabil dibanding baterai karbon-seng. 1.4 Baterai Nikel-Kadmium Baterai ini adalah baterai kering yang dapat diisi ulang. Baterai nikel-kadmium merupakan jenis baterai yang dapat diisi ulang seperti aki, baterai HP, dll. Baterai ini menggunakan Cd sebagai anoda dan NiO2 sebagai katodanya. Sedangkan elektrolitnya adalah KOH. Reaksi yang terjadi: Potensial sel yang dihasilkan sebesar 1,4 volt. 1.5 Baterai Perak Oksida Bentuk baterai ini kecil seperti kancing baju biasa digunakan untuk baterai arloji, kalkulator, dan alat elektronik lainnya. Anoda yang digunakan adalah seng(Zn), katodanya adalah perak oksida(Ag2O) dan elektrolitnya adalah KOH. Reaksi yang terjadi: Potensial sel yang dihasilkan sebesar 1,5 volt. 2. Baterai Modern Berkinerja Tinggi 2.1 Baterai Nikel-Metal Hidrida (Ni-MH) Baterai ini mirip dengan baterai nikad, kecuali bahwa baterai ini menggunakan hidrogen sebagai anoda dan NiO(OH) sebagai katoda dengan KOH sebagai elektrolitnya. Hidrogen biasanya berwujud gas, sehingga dalam baterai ini sebenarnya diikat dengan LaNi5 dan Mg2Ni yang mempunyai kemampuan untuk mengabsorbsi hydrogen.2.2 Baterai Litium Baterai ini menggunakan Litium sebagai anoda dan MnO2 sebagai katoda dengan LiClO4 sebagai elektrolit dalam pelarut bebas air. Baterai ini dapat menghasilkan energi lebih besar dari baterai biasa dan dapat disimpan lama. reaksinya: 2.3 Baterai Ion Litium Baterai ini mirip dengan baterai litium, hanya anodanya saja yang berbeda yaitu menggunakan ion litium. Oleh karena menggunakan ion litium, maka pada hakekatnya reaksi sel dalam baterai ini bukan merupakan reaksi redoks melainkan hanya pergerakan ion litium melalui elektrolit yang satu ke elektrolit lainnya. Baterai ini menggunakan bahan cair yang mengandung LiPF6. 3. Sel Bahan Bakar Sel ini adalah sel yang menggunakan bahan bakar biasa, seperti campuran hidroogen dengan oksigen atau campuran gas alam dengan oksigen. Sel seperti ini digunakan untuk sumber listrik pada pesawat ruang angkasa. Anode : Li  Li+ + e Katode : MnO2 + Li+ + e  MnO2Li Li + MnO2  MnO2LiC. PENUTUP Sel volta (sel galvani) adalah Sel elektrokimia di mana reaksi oksidasi- reduksi spontan terjadi dan menghasilkan beda potensial. Dalam sel galvani energi kimia diubah menjadi energi listrik Jumlah energi yang dihasilkan tergantung pada dua sifat sel: a) jumlah bahan yang ada dan b) beda potensial antara elektroda-elektrodanya. Unsur-unsur dalam deret volta, semakin kekanan semakin mudah direduksi. Potensial standart adalah potensial ketika suatu elektroda dihubungkan dengan elektroda hidrogen. Elektroda hidrogen merupakan elektroda standart yang mempunyai potensial 0 volt. E0 sel dinyatakan sebagai potensial standar elektroda reduksi dikurangi potensial standar elektroda oksidasi. E0 sel = E0 reduksi – E0 oksidasi Jika E0 sel bernilai positif maka reaksi sel yang terjadi merupakan reaksi spontan. Sel volta dalam kehidupan sehari-hari: baterai karbon-seng, baterai alkali, baterai nikel cadmium, aki, dan lain sebagainya.D. SUMBER - Shared Dokumen, http://scribd.com/ - Purba, Michael. 1996. Ilmu Kimia 3A untuk SMU Kelas 3. Jakarta: Erlangga. - Tim Penyusun.2009.LKS Kimia untuk SMA/MA Kelas XII Semester Gasal.Klaten: Viva PakarindoMAKALAH KIMIA SEL VOLTA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TRENGGALEK D I N A S P E N D I D I K A N SMA NEGERI 1 DURENAN Jl. Raya Kendalrejo No. 82 Durenan Trenggalek Telp. 0355-879615 Anggota Kelompok: 1. Ahmad M.A. Ibrohim (01) 2. Anisatul Qibtiyah (02) 3. Atik Roihatul Jannah (03) 4. Desi Dwi Astuti (04) 5. Dheni Wahyu Wijayanto (05) 6. Nurista Laili K.N. (06)

PERENCANAAN PEMBELAJARAN: SILABUS & PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

PERENCANAAN PEMBELAJARAN: SILABUS & PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN A. Pengantar Kurikulum sebagai salah satu substansi pendidikan merupakan pedoman utama bagi para guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Namun, dalam implementasinya kurikulum dimaksud masih perlu dijawantahkan dan dijabarkan lagi ke dalam pengembangan silabus yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah atau daerah. Dengan demikian, sekolah atau daerah (bahkan guru) memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran secara independen sesuai dengan konteks dan kebutuhannya masing-masing. Kurikulum yang saat ini digunakan para guru adalah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang disusun secara otonom oleh pihak sekolah/Daerah dalam rangka mewujudkan implementasi Standar Nasional Pendidikan. Hal tersebut dilaksanakan dengan cara melakukan penjabaran dan penyesuaian Standar Isi yang ditetapkan dengan Permendiknas No. 22 Tahun 2006 dan Standar Kompetensi Lulusan yang ditetapkan dengan Permendiknas No. 23 Tahun 2006. Komponen-komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disusun pihak sekolah/Daerah itu terdiri atas: tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan KTSP, kalender pendidikan, dan silabus. Di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dijelaskan: Sekolah dan komite sekolah, atau madrasah dan komite madrasah, mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan di bawah supervisi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang bertangung jawab terhadap pendidikan untuk TK, SMP, SMA, dan SMK, serta Departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama untuk MI, MTs, MA, dan MAK ( Pasal 17 Ayat 2). Perencanan proses pembelajaran meliputi Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar (Pasal 20). Berdasarkan ketentuan di atas, daerah atau sekolah memiliki ruang gerak yang luas untuk melakukan modifikasi dan mengembangkan variasi-variasi penyelengaraan pendidikan (dalam bentuk KTSP) yang sesuai dengan keadaan, potensi, dan kebutuhan daerah, serta kondisi siswa masing-masing. Demikian juga halnya dengan pengembangan Silabus dan RPP. Kedua piranti tersebut merupakan pedoman yang paling operasional, yang lebih mencerminkan warna masing-masing pelaksana pendidikannya. B. Ihwal Silabus Bahasa Indonesia 1. Pengertian Silabus Silabus disusun berdasarkan Standar Isi, yang di dalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Materi Pokok/Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, dan Sumber Belajar. Silabus pada dasarnya menjawab permasalahan-permasalahan sebagai berikut. 1) Kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai dengan yang dirumuskan oleh Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). 2) Materi Pokok/Pembelajaran apa saja yang perlu dibahas dan dipelajari peserta didik untuk mencapai Standar Isi. 3) Kegiatan Pembelajaran apa saja yang seharusnya diskenariokan oleh guru sehingga peserta didik mampu berinteraksi dengan sumber-sumber belajar. 4) Indikator apa saja yang harus dirumuskan untuk mengetahui ketercapaian KD dan SK. 5) Bagaimanakah cara mengetahui ketercapaian kompetensi berdasarkan Indikator sebagai acuan dalam menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai. 6) Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai Standar Isi tertentu. 7) Sumber Belajar apa yang dapat diberdayakan untuk mencapai Standar Isi tertentu. 2. Pengembang/Penyususn Silabus Pengembangan silabus dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Dinas Pendidikan. 1) Sekolah dan Komite Sekolah Pengembang silabus adalah sekolah bersama komite sekolah. Untuk menghasilkan silabus yang bermutu, sekolah bersama komite sekolah dapat meminta bimbingan teknis dari perguruan tinggi, LPMP, dan lembaga terkait seperti Balitbang Depdiknas. 2) Kelompok Sekolah Apabila guru kelas atau guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru kelas atau guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan dipergunakan oleh sekolah tersebut 3) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Beberapa sekolah dan atau sekolah-sekolah dalam sebuah yayasan dapat bergabung untuk menyusun silabus. Hal ini dimungkinkan sebab sekolah dan komite sekolah karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan penyusunan silabus. Kelompok sekolah ini juga dapat meminta bimbingan teknis dari perguruan tinggi, LPMP, dan lembaga terkait seperti Balitbang Depdiknas dalam menyusun silabus. 4) Dinas Pendidikan Dinas pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. 3. Prinsip Pengembangan Silabus Pengembangan Silabus hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip berikut ini. 1) Ilmiah: keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertangungjawabkan secara keilmuan. 2) Relevan: cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik. 3) Sistematis: komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi. 4) Konsisten: ada hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian. 5) Memadai: cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapain kompetensi dasar. 6) Aktual dan Kontekstual: cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi. 7) Fleksibel: keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi variasi peserta didik, pendidikan, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat. Sementara itu, materi ajar ditentukan berdasarkan dan atau memperhatikan kultur daerah masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar kehidupan peserta didik tidak tercerabut dari lingkungannya. 8) Menyeluruh: komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor). 4. Tahap-tahap Pengembangan Silabus Tahap perencanaan Silabus meliputi 5 tahapan, yakni tahap (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) perbaikan, (d) pemantapan, dan (e) penilaian. a. Perencanaan: mengumpulkan dan mempersiapkan informasi, berburu referensi yang sesuai dari berbagai sumber. b. Pelaksanaan: dalam menyusun silabus harus berpedoman pada Standar Isi dan Kurikulum (KTSP). c. Perbaikan: buram silabus perlu dikaji ulang sebelum digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pengkajian dapat melibatkan para spesialis kurikulum, ahli mata pelajaran, ahli didaktik-metodik, ahli penilaian, psikolog, guru/instruktur, kepala sekolah, pengawas, staf profesional dinas pendidikan, perwakilan orang tua siswa, dan siswa itu sendiri. d. Pemantapan: masukan dari pengkajian ulang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memperbaiki buram awal. Apabila telah memenuhi kriteria, rancangan silabus dapat segera disampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. e. Penilaian silabus: penilaian pelaksanaan silabus perlu dilakukan secara berkala dengan mengunakaan model-model penilaian kurikulum. 5. Komponen-komponen Silabus Silabus sekurang-kurangnya memuat komponen-komponen berikut ini. 1) Identitas Silabus 2) Standar Kompetensi 3) Kompetensi Dasar 4) Materi Pokok/Pembelajaran 5) Kegiatan Pembelajaran 6) Indikator 7) Penilaian 8) Alokasi Waktu 9) Sumber Belajar Komponen-komponen silabus di atas, selanjutnya dapat disajikan dalam contoh format silabus secara horisontal atau vertikal, Format 1: Horizontal SILABUS Sekolah : ........ Mata Pelajaran : ........ Kelas/Semester : ....... Standar Kompetensi : ........... Kompeten- Si Dasar Materi Pokok/ Pembelajar- an Pengalaman Belajar Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen Format 2: Vertikal SILABUS Nama Sekolah :.................................... Mata Pelajaran :.................................... Kelas/Semester :.................................... 1. Standar Kompetensi : ....................... 2. Kompetensi Dasar : ....................... 3. Materi Pokok/Pembelajaran : ....................... 4. Kegiatan Pembelajaran : ....................... 5. Indikator : ....................... 6. Penilaian : ....................... 7. Alokasi Waktu : ....................... 8. Sumber Belajar : ....................... Catatan: * Kegiatan Pembelajaran: kegiatan-kegiatan yang spesifik yang dilakukan siswa, tetapi diskenariokan oleh guru untuk mencapai SK dan KD * Alokasi waktu: termasuk alokasi penilaian yang terintegrasi dengan pembelajaran (n x 40 menit) * Sumber belajar: buku teks, alat, bahan, nara sumber,atau lainnya. 6. Langkah Pengembangan Silabus 1) Mengisi Identitas Silabus Identitas terdiri atas: nama sekolah, mata pelajaran, kelas dan semester. Identitas silabus ditulis di atas matriks silabus. 2) Menuliskan Standar Kompetensi Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar Kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) Mata Pelajaran. Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut: (a) urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD; (b) keterkaitan antarstandar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran; (c) keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran. Standar Kompetensi dituliskan di atas matriks silabus di bawah tulisan semester. 3) Menuliskan Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut : (a) urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar; (b) keterkaitan antar Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran; dan (c) keterkaitan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar antarmata pelajaran. 4) Menentukan Materi Pokok/Pembelajaran Dalam menentukan materi pokok/pembelajaran harus dipertimbangkan: (a) relevansi materi pokok dengan SK dan KD; (b) tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik; (c) kebermanfaatan bagi peserta didik; (d) struktur keilmuan; (e) kedalaman dan keluasan materi; (f) relevansi dengan kebutuhan peseta didik dan tuntutan lingkungan; dan (g) alokasi waktu. Selain itu, harus diperhatikan pula hal-hal berikut: (a) tingkat kesahihan (validity): materi memang benar-benar teruji kebenaran dan kesahihannya; (b) tingkat kepentingan (significance): materi yang diajarkan memang benar-benar diperlukan oleh siswa diperlukan oleh siswa; (c) tingkat kebermanfaatan (utility): materi tersebut memberikan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan pada jenjang berikutnya; (d) tingkat kelayakannya untuk dipelajari (learnability): materi layak dipelajari baik dari aspek tingkat kesulitan maupun aspek pemanfaatan bahan ajar dan kondisi setempat; (e) tingkat kemenarikan/minat (interest): materinya menarik minat siswa dan memotivasinya untuk mempelajari lebih lanjut. 5) Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Kegiatan pembelajaran yang dimaksud dapat diwujudkan melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Kegiatan pembelajaran memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik. Kriteria dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran sebagai berikut. (1) Kegiatan pembelajaran disusun bertujuan untuk memberikan bantuan kepada para pendidik agar mereka dapat bekerja dan melaksanakan proses pembelajaran secara profesional sesuai dengan tuntutan kurikulum. (2) Kegiatan pembelajaran disusun berdasarkan satu tuntutan kompetensi dasar secara utuh. (3) Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar. (4) Kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa (student-centered). Guru harus selalu berpikir kegiatan apa yang bisa dilakukan agar siswa memiliki kompetensi yang telah ditetapkan. (5) Materi kegiatan pembelajaran dapat berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan. (6) Perumusan kegiatan pembelajaran harus jelas memuat materi yang harus dikuasai untuk mencapai Kompetensi Dasar. (7) Penentuan urutan langkah pembelajaran sangat penting artinya bagi KD-KD yang memerlukan prasyarat tertentu. (8) Pembelajaran bersifat spiral (terjadi pengulangan-pengulangan pembelajaran materi tertentu). (9) Rumusan pernyataan dalam Kegiatan Pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan kegiatan pembeljaran siswa, yaitu kegiatan (siswa dan guru) dan objek belajar. Pemilihan kegiatan pembelajaran mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut: (1) memberikan peluang kepada siswa untuk mencari, mengolah, mengelola, dan menemukan sendiri pengetahuan di bawah bimbingan guru; (2) mencerminkan ciri khas mata pelajaran dalam pengembangan kemampuan peserta didik; (3) disesuaikan dengan kemampuan siswa, sumber belajar, dan sarana yang tersedia; (4) bervariasi dengan mengombinasikan kegiatan individu/perorangan, berpasangan, kelompok, dan klasikal; serta (5) memperhatikan pelayanan terhadap perbedaan individual siswa seperti: bakat, minat, kemampuan, latar belakang keluarga, sosial-ekomomi, dan budaya, serta masalah khusus yang dihadapi siswa yang bersangkutan. 6) Merumuskan Indikator Untuk mengembangkan instrumen penilaian, terlebih dahulu diperhatikan indikator. Oleh karena itu, di dalam penentuan indikator diperlukan kriteria-kriteria berikut ini. Kriteria indikator sebagai berikut: (a) sesuai dengan tingkat perkembangan berpikir siswa; (b) berkaitan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar; (c) memperhatikan aspek manfaat dalam kehidupan sehari-hari (life skills;. (d) harus dapat menunjukkan pencapaian hasil belajar siswa secara utuh (kognitif, afektif, dan psikomotor). (e) memperhatikan sumber-sumber belajar yang relevan. (f) dapat diukur/dapat dikuantifikasikan/dapat diamati. (g) menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur. 7) Penilaian Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Di dalam kegiatan penilaian ini terdapat tiga komponen penting, yang meliputi: (a) teknik penilaian, (b) bentuk instrumen, dan (c) contoh instrumen. a. Teknik Penilaian Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan menafsirkan proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan untuk menentukan tingkat keberhasilan pencapaian kompetensi yang telah ditentukan. Adapun yang dimaksud dengan teknik penilaian adalah cara-cara yang ditempuh untuk memperoleh informasi mengenai proses dan produk yang dihasilkan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik. Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan dalam rangka penilaian ini, yang secara garis besar dapat dikategorikan sebagai teknik tes dan teknik nontes.Teknik tes merupakan cara untuk memperoleh informasi melalui pertanyaan yang memerlukan jawaban betul atau salah, sedangkan teknik nontes adalah suatu cara untuk memperoleh informasi melalui pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban betul atau salah. Dalam melaksanakan penilaian, penyusun silabus perlu memperhatikan prinsip-prinsip berikut ini. (1) Pemilihan jenis penilaian harus disertai dengan aspek-aspek yang akan dinilai sehingga memudahkan dalam penyusunan soal. (2) Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian indikator. (3) Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan siswa setelah siswa mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya. (4) Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dan belum dimiliki siswa, serta untuk mengetahui kesulitan siswa. (5) Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan, berupa program remedial. Siswa yang belum menguasai suatu kompetensi dasar tertentu harus mengikuti proses pembelajaran ulang, sedangkan siswa yang sudah menguasai diberi tugas pengayaan. (6) Siswa yang telah menguasai semua atau hampir semua kompetensi dasar dapat diber i tugas untuk mempelajari kompetensi dasar berikutnya. (7) Dalam sistem penilaian berkelanjutan, guru harus membuat kisi-kisi penilaian dan rancangan penilaian secara menyeluruh untuk satu semester dengan menggunakan teknik penilaian yang tepat. (8) Penilaian dilakukan untuk menyeimbangkan berbagai aspek pembelajaran: kognitif, afektif, dan psikomotor dengan menggunakan berbagai model penilaian, baik formal maupun nonformal secara berkesinambungan. (9) Penilaian merupakan suatu proses pengumpulan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa dengan menerapkan prinsip berkelanjutan, bukti-bukti outentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik. (10) Penilaian merupakan proses identifikasi pencapaian kompetensi dan hasil belajar yang dikemukakan melalui pernyataan yang jelas tentang standar yang harus dan telah dicapai disertai dengan peta kemajuan hasil belajar siswa. (11) Penilaian berorientasi pada Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Penilaian dilakukan secara berkelanjutan (direncanakan dan dilakukan terus menerus) guna mendapatkan gambaran yang utuh mengenai perkembangan penguasaan kompetensi siswa, baik sebagai efek langsung (main effect) maupun efek pengiring (nurturant effect) dari proses pembelajaran. (12) Sistem penilaian harus disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan, penilaian harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara maupun produk/hasil dengan melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan. b. Bentuk Instrumen Bentuk instrumen yang dipilih harus sesuai dengan teknik penilaiannya. Oleh karena itu, bentuk instrumen yang dikembangkan dapat berupa: (1) Tes tulis: dapat berupa tes esai/uraian, pilihan ganda, isian, menjodohkan, dan sebagainya. (2) Tes lisan: berbentuk daftar pertanyaan. (3) Tes unjuk kerja: dapat berupa tes identifikasi, tes simulasi, dan uji petik kerja produk, uji petik kerja prosedur, atau uji petik kerja prosedur dan produk. (4) Penugasan: tugas proyek atau tugas rumah. (5) Observasi: menggunakan lembar observasi. (6) Wawancara: menggunakan pedoman wawancara. (7) Portofolio: menggunakan dokumen pekerjaan, karya, dan atau prestasi siswa. (8) Penilaian diri dengan menggunakan lembar penilaian diri. Sesudah penentuan instrumen tes telah dipandang tepat, selanjutnya instrumen tes itu dituliskan di dalam kolom matriks silabus yang tersedia. Berikut ini disajikan ragam teknik penilaian beserta bentuk instrumen yang dapat digunakan. Tabel 1. Ragam Teknik Penilaian Beserta Bentuk Instrumen Teknik Bentuk Instrumen Tes tulis Tes isian Tes uraian Tes pilihan ganda Tes menjodohkan Dll. Tes lisan Daftar pertanyaan Tes unjuk kerja Tes identifikasi Tes simulasi Uji petik kerja produk Uji petik kerja prosedur Uji petik kerja prosedur dan produk Penugasan Tugas proyek Tugas rumah Observasi Lembar observasi Wawancara Pedoman wawancara Portofolio Dokumen pekerjaan, karya, dan/atau prestasi siswa Penilaian diri Lembar penilaian diri c. Contoh Instrumen Setelah ditetapkan bentuk instrumennya, selanjutnya dibuat contohnya. Contoh instrumen dapat dituliskan di dalam kolom matriks silabus yang tersedia. Namun, apabila dipandang hal itu menyulitkan karena kolom yang tersedia tidak mencukupi, selanjutnya contoh instrumen penilaian diletakkan di dalam lampiran tersendiri. 8) Menentukan Alokasi Waktu Alokasi waktu adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk ketercapaian suatu Kompetensi Dasar tertentu, dengan memperhatikan: a. minggu efektif per semester, b. alokasi waktu mata pelajaran, dan c. jumlah kompetensi per semester. 9) Menentukan Sumber Belajar Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran, yang dapat berupa: buku teks, media cetak, media elektronika, nara sumber, lingkungan alam sekitar, dan sebagainya. Dalam pelaksanaan pembelajaran, silabus masih harus dijabarkan lebih operasional ke dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). C. Ihwal Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Silabus merupakan salah satu bentuk perencanaan pembelajaran yang masih memerlukan penjabaran yang lebih operasional ke dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP harus memuat hal-hal yang secara langsung berkaitan dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar tertentu. Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan dibidiknya. RPP secara rinci harus memuat: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian 1. Langkah-langkah Penyusunan RPP a. Mencantumkan identitas Nama sekolah : Mata Pelajaran : Kelas/Semester : Standar Kompetensi : Kompetensi Dasar : Indikator : Alokasi Waktu : Catatan:  RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.  Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan  Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya. b. Mencantumkan Tujuan Pembelajaran Tujuan pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang direncanakan harus dikuasai siswa yang digali berdasarkan kompetensi dasar tertentu. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dan dapat diukur. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan itulah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan. c. Mencantumkan Materi Pembelajaran Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus. d. Mencantumkan Metode Pembelajaran Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih. e. Mencantumkan Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Akan tetapi, dimungkinkan dalam seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan. f. Mencantumkan Sumber Belajar Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu. g. Mencantumkan Penilaian Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat ituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian. 2. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP/MTs. : ................................... Mata Pelajaran : ................................... Kelas/Semester : ................................... Standar Kompetensi : ................................... Kompetensi Dasar : ................................... Indikator : ................................... Alokasi Waktu : ..... x 40 menit (… pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran B. Materi Pembelajaran C. Metode Pembelajaran D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 Pertemuan 2 E. Sumber Belajar F. Penilaian DAFTAR PUSTAKA Gafur, Abdul. (1986). Desain Instruksional: Langkah Sistematis Penyusunan Pola Dasar Kegiatan Belajar-Mengajar. Sala: Tiga Serangkai. Gafur, Abdul. (1987). Prinsip-prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: PAU UT. Gafur, Abdul. (1987). Pengaruh Strategi Urutan Penyampaian, Umpan Balik, dan Keterampilan Intelektual terhadap Hasil Belajar Konsep. Semarang: IKIPPress. Blundel, J. et al. (1982). Function in English, Hongkong: OUP Brown, D.H. (2000). Principles of Language Learning and Teaching, New York: Addison Wesley Longman Inc. Gardner, H. (1993). Multiple Intelligences: From Theory to Practice. New York: Basic Books Gronlund, N.E. (1976). Measurement & Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. Halliday, M.A.K. (1973) Explorations in the Functions of Language, New York: Elsevier North-Holland John Lyons. Semantics. Sydney: Cambridge University. Larry M.H. (1975). Phonology : Theory and Analysis. New York: RW. Laurie Bauer. (1988). Introducing Linguistic Morfology.Bristis: Edinburgh Uni. Press. Marsono. (1993). Fonetik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. M. Ramlan. (1988). Morfologi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Adi Cita. M. Ramlan. (1988). Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Adi Cita. Mukminan dkk. (2002). Pedoman Umum Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY. Nunan, D. (1989) Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge:CUP O’Connor, J.D. (1979) Stress, Rhythm and Intonation. London: Alhambra. Piaget, J. (1970) Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Viking. Richards, J.C. et al. (1996) New Interchange. Cambridge:CUP. Richards, J.C. et al. (1985) Longman Dictionary of Applied Linguistics. Suffolk: Longman. Romiszowski, A.J. (1981) Designing Instructional Systems. London:Nichols publishing. Samsuri. 1975. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga. Soeparno. 1999. Dasar-dasar Linguistik. Yogyakarta: DW. Van Ek, J.A. (1977) The Threshold Level for Modern Language Learning in Schools. London: Longman.